Apakah Sistem Cuci Mobil Robotik Otomatis Berdampak Buruk ?

Discussion in 'Dunia Otomotif' started by galihprop30, Apr 23, 2018.

  1. galihprop30

    galihprop30 Pendatang
    Thread Starter

    Joined:
    Feb 22, 2018
    Threads:
    12
    Messages:
    15
    Likes Received:
    1
    Disliked:
    0
    Trophy Points:
    4
    Apakah Sistem Cuci Mobil Robotik Otomatis Berdampak Buruk ?

    Sistem Cuci mobil robotik otomatis – menjamurnya jasa cuci mobil karena dampak semakin banyaknya pemilik mobil yang berseliweran di jalanan. Itu juga membuat beberapa pemilik usaha cuci mobil memanfaatkan teknologi dalam proses mencucinya, yakni dengan menggunakan sebuah sistem robot untuk melakukan proses pencuciannya.

    Terus apakah mencuci dengan memakai system robotik ini akan berdamapk bagus ? mari kita selidiki cuci mobil robotik ini yang bertolak belakang dengan cuci mobil manual ataupun hidrolik. Untuk memahami bagus tidaknya cuci mobil robotik pasti terlebih dahulu kita harus mengetahui keunggulan serta kelemahan dari jasa cuci mobil system robotik ini.

    Sistem Cuci Mobil Robotik

    Kelebihan cuci mobil sistem robotik

    Adapun keunggulan dari proses pencucian kendaraan mobil secara robotik ini untuk konsumen ialah yang pertama waktu cuci mobil yang diperlukan relatif lebih singkat sehingga bisa mendapatkan waktu yang lebih efisien, khususnya untuk proses siram, sabun dan bilas.

    Dan untuk pemilik dari usaha cuci mobil, pencucian dengan memanfaatkan mesin robotik ini tentu dalam pemakaian air dapat dihemat sehemat mungkin, bahkan jauh lebih irit dari perangkat cuci yang bernama jet cleaner itu semua dikarenakan pada sistem robotik ini penyiraman dilakukan secara merata mulai dari ujung atas dan samping kendaraan.

    #kelemahan cuci mobil robotik

    Adapun kelemahan dari cuci mobil robotik ini terutama untuk konsumen ialah ongkos pengerjaan yang jauh lebih mahal daripada ongkos cuci manual entah itu pakai hidrolik atau bukan, mari kita selidiki dan cermati dalam proses mencucinya dengan memakai robot yang harganya paling mahal, dan untuk pengoperasiannya memerlukan energi listrik yang jauh lebih besar dibandingkan dengan mencuci secara manual ataupun memakai jet steam.

    Dan untuk pemilik usaha jasa cuci mobil, kelemahan dalam proses cuci mobil secara robotik ini ialah membutuhkan energi listrik hingga mencapai 5000 watt atau diatasnya, bahkan hingga 12.000 watt, sampai-sampai harus mempunyai generator listrik sendiri bila tidak ingin bisnisnya tersendat sendat karena usaha cuci mobil sistem robotic ini sangat bergantung pada listrik PLN.

    Segi Kualitas hasil cuci mobil robotik

    Untuk kualitas pencucian mobil baik secara manual, atau menggunakan jet cleaner maupun robotik kurang lebih sama hasilnya, karena meskipun memakai robotik, tetap saja ada langkah pencucian secara detailing, yaitu dibersihkan dengan tenaga manusia supaya mencapai bagian kotoran di sela sela terkecil pada unsur mobil. Yang memisahkan hanyalah proses pembilasan dan pemberian sabun yang dapat lebih dipercepat. Jadi kalau ada yang bilang bahwa cuci mobil robotik ini tidak cukup bersih karena adanya banyak argumen, anda seharusnya tidak boleh langsung gampang percaya, itu Cuma sekedar kemungkinan atau berspekulasi saja

    #Proses cuci mobil secara robotik

    Bagi anda yang barangkali belum begitu paham bagaimana sih teknik mencuci mobil secara robotic itu ?, berikut bakal kami sampaikan tahapan pencucian mobil dengan memakaisitem robotik ini mulai dari tahap awal sampai tahap akhir.

    1. Proses penyiraman

    Pada proses ini mobil harus di parkirkan tepat di bagian tengah perangkat dari cuci robotic ini, selanjutnya bagian operator bakal menjalankan mesin untuk mengguyurkan air ke semua permukaan body mobil.

    2. Proses penyabunan / shampo

    Setelah semua body mobil disiram dengan memakai air secara merata, pada putaran lengan mesin selanjutnya menyemprotkan air yaitu menyemprotkan sabun cuci mobil ke semua permukaan body mobil secara merata. Pada proses ini lengan robot bakal kembali ke posisi parkir.

    3. Proses pencucian detailing

    Setelah mobil disemprot dengan busa sabun oleh lengan robotik, pada langkah selanjutnya ialah proses membasuh secara detailing dengan menggunakan tenaga manusia, yang diperkirakan memerlukan 2 atau 3 orang yang masing masing menggosok body mobil dengan memakai spons lembut untuk mencuci debu dan kotoran yang menempel pada body mobil sampai ke sela sela tersembunyi secara menyeluruh.

    4. Proses pembilasan

    Setelah semua body mobil digosok oleh petugas cuci mobil, lanngkah atau motode selanjutnya ialah proses pembilasan body mobil dengan memakai lengan robotik sampai seluruh busa sabun dan kotoran rontok.

    5. Tahap pengeringan

    Setelah body mobil sudah dibilas, maka mobil harus di pindah ke tempat pengeringan. Disini ada dua cara pengeringan, yang kesatupengeringan secara menual dengan memakai lap kanebo, dan teknik kedua ialah dengan memakai mesin pengering yang bentuknya serupa dengan hairdryer tetapi dengan ukuran yang lebih besar.

    Itulah, sistem cuci mobil dengan menggunakan robotic, apakah anda tertarik ? jika ertarik, silahkan anda mencoba, yang pastinya anda juga harus siap biaya juga ya, jangan sampai pas udah selesai mencuci uang anda tidak cukup.

    Sumber : http://ikame.net/2018/apakah-sistem-cuci-mobil-robotik-otomatis-berdampak-buruk/
     
    #1
    armin likes this.
  2. Mercky

    Mercky Anak Sebelah

    Joined:
    Oct 6, 2017
    Threads:
    2
    Messages:
    2,126
    Likes Received:
    821
    Disliked:
    6
    Trophy Points:
    46
    owh begitu tho... 8->
     
    #2

Share This Page