INFO Ini Alasan Orang Malas Bangun saat Hujan di Pagi Hari

Discussion in 'KESEHATAN' started by santosoland, Mar 5, 2018.

  1. santosoland

    santosoland Kids Jaman Now
    Thread Starter

    Joined:
    Oct 16, 2017
    Threads:
    197
    Messages:
    321
    Likes Received:
    16
    Disliked:
    0
    Trophy Points:
    11
    579392_620.jpg
    Semua orang mungkin pernah mengalami. Hujan turun dari malam hingga subuh. Kita tidur pulas dan malas bangun. Saat mengecek medsos hari itu, mayoritas sahabat memasang status teks berisi “Malas bangun”, “Mau kerja tapi bawaannya ingin menarik selimut melulu”, dan sebagainya.

    Muncul pertanyaan sederhana, mengapa hujan hingga subuh mampu membuai kita hingga malas bergerak alias mager? Ternyata ada penjelasan medisnya.

    Pakar tidur Dr. Andreas Prasadja, RPSGT dari Snoring and Sleep Disorder Clinic Jakarta menjelaskan pulasnya tidur saat hujan turun terkait erat dengan kenyamanan. Ingat, tidur yang sehat dan nyaman dilakukan dalam kondisi ruangan gelap dan sejuk.

    Hujan dari malam hingga subuh membuat suhu udara menjadi sejuk. Yang tak kalah penting, suara air. Secara ilmiah, untuk tidur nyaman manusia membutuhkan white noise alami.

    “Suara air salah satu white noise alami. Suara air meliputi ombak, hujan, aliran sungai, dan lain-lain. Ketika tidur pulas berkawan suara hujan, apa sebenarnya yang terjadi di tubuh kita? Tubuh melintasi tahap-tahap tidur yakni tidur ringan (5-10 persen dari total durasi tidur), tidur sedang (sekitar 50 persen), tidur dalam (sekitar 20 persen), dan tidur mimpi (20 hingga 25 persen),” jelas Andreas.

    Dalam kesempatan itu, ia mengingatkan bahwa asumsi yang menyebut mimpi indikator tidur yang kurang berkualitas adalah keliru. Saat kita tidur pulas pasti bermimpi empat hingga enam kali, tergantung mimpinya berkesan atau tidak. Kalau mimpinya berisi aktivitas sehari-hari, kita tidak akan terkesan dan mengingatnya saat terjaga.

    “Saat mimpinya dramatis, misalnya bertemu mantan, Anda akan mengingat lalu bisa jadi menceritakannya kepada sahabat. Kunci tidur berkualitas terletak pada suhu ruang dan suara di sekitar.Jadi, jangan Anda berpikir kamar yang bebas suara itu tempat terbaik untuk tidur,” tutur Andreas.

    Ia lantas mengutip penelitian yang dilakukan agensi intelejen Mossad, Israel. Penelitian itu membuka fakta orang yang dimasukkan ke ruang kedap suara justru mengalami stres. Kondisi kedap suara justru membuat orang yang ingin tidur jadi tegang. Ia was-was dan mudah kaget saat tiba-tiba mendengar suara.

    Sumber
     
    #1
  2. Mercky

    Mercky Anak Sebelah

    Joined:
    Oct 6, 2017
    Threads:
    2
    Messages:
    2,116
    Likes Received:
    821
    Disliked:
    6
    Trophy Points:
    46
    klo ane mah gak ujan doang kok males bangun paginya... ;))
     
    #2
  3. shuici_akai

    shuici_akai Pendatang

    Joined:
    Nov 21, 2017
    Threads:
    0
    Messages:
    53
    Likes Received:
    0
    Disliked:
    0
    Trophy Points:
    3
    yg penting hawanya sedang. Klo kedinginan jg mlh gk bs tidur :)):))
     
    #3

Share This Page