Pilihan Menu MPASI 6 Bulan Pertama Terbaik Untuk Bayi

Discussion in 'KESEHATAN' started by KinG, Dec 5, 2018.

  1. KinG

    KinG Pendatang
    Thread Starter

    Joined:
    Nov 12, 2018
    Threads:
    6
    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    Disliked:
    0
    Trophy Points:
    2
    [​IMG]

    Apa saja menu mpasi 6 bulan pertama terbaik yang sudah bunda siapkan untuk si kecil? Nah, mungkin ini jadi salah satu yang suka bunda bingungin kan? Ya, menyiapkan menu mpasi 6 bulan pertama untuk anak bukan hal yang mudah karena tidak bisa sembarangan seperti untuk orang dewasa. Untuk bayi berusia 6 bulan, kita perlu perhatikan apa saja yang dikonsumsi si kecil dan bagaimana nutrisinya.

    Nutrisi yang di dapatkan si kecil dari mpasi 6 bulan pertama terbaik sangat berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangannya. Jadi, sebagai orang tua wajib untuk memperhatikan nutrisi apa yang terkandung dalam makanan si kecil. Untuk mendukung tumbuh kembang anak, siapkan selalu mpasi yang bergizi dan bernutrisi untuk si kecil.

    Lebih dari usia 6 bulan, ASI saja tidak mencukupi kebutuhan energi dan nutrisi bagi anak. Sistem pencernaan si Kecil pun dianggap sudah siap menerima makanan tambahan selain ASI. Pengenalan makanan bulan pertamanya suka bikin bingung ya bunda. Bagaimana cara membuat mpasi untuk si kecil dan apa saja menu mpasi yang tepat untuk si kecil? Sebelum ke menu mpasi, kita berikan informasi tentang bahan makanan yang bagus untuk bayi 6 bulan.

    • Buah-buahan
    Jenis bahan makanan yang tepat yang mempunyai nutrisi bagus untuk bayi adalah buah-buahan. Banyak jenis buah yang bisa bunda berikan untuk si kecil seperti pisang, alpukat, jeruk, apel, dan buah-buah lainnya.

    • Sayur-sayuran
    Selain buah, ada juga bahan yang biasa digunakan untuk mpasi anak yaitu sayur-sayuran. Bunda bisa berikan sayuran hijau seperti bayam, brokoli dan jenis sayuran lain yang memiliki tekstur mudah dihaluskan namun juga mengandung banyak nutrisi.

    • Telur
    Jika bosan dengan buah dan sayur, bunda juga bisa berikan telur yang tinggi akan protein. Bunda bisa tambahkan telur yang sudah dicincang halus ke dalam mpasi atau bubur yang sudah bunda buat untuk si kecil.

    Daftar Menu Mpasi 6 Bulan Pertama Terbaik

    Setelah sudah kita bahas tentang bahan mpasi yang bisa bunda berikan untuk si kecil. Sekarang kita bahas daftar menu mpasi 6 bulan dari seminggu pertama hingga minggu keempat. Nah, kira-kira makanan apa saja ya yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisinya sebagai MPASI? Berikut ini menu MPASI pertama bayi agar si kecil tumbuh sehat!

    • Minggu Pertama
    Untuk minggu pertama, bunda bisa berikan mpasi dari bahan buah-buahan seperti pisang, alpukat, apel dan pir. Untuk tiga hari pertama berikan mpasi dengan satu bahan buah saja. selanjutnya bunda bisa kombinasikan dengan buah-buah lain. Buah-buahan dapat menjadi sumber serat, kalium, kalsium, hingga asam folat.

    • Minggu Kedua
    Bunda sudah bisa memberikan sumber karbohidrat seperti kentang, oatmeal ataupun nasi. Dari bahan-bahan itu bunda bisa jadikan bubur yang bisa juga dikombinasikan dengan tambahan sayuran seperti brokoli, bayam dan lain sebagainya. Selain karbohidrat, si kecil dapat nutrisi lain dari sayuran.

    • Minggu ketiga
    Untuk minggu ketika bunda bisa coba menu mpasi lain dari bahan lain seperti umbi atau juga bisa mulai beri pilihan daging ayam atau sapi yang di cincang halus. Pastikan tekstur lembut dan mudah dicerna oleh anak.

    Nah, itulah daftar menu mpasi 6 bulan pertama terbaik yang mungkin bisa menjadi referensi bunda. Untuk minggu keempatnya, bunda bisa berikan menu mpasi yang bervariasi namun menyesuaikan selera anak. Semoga bermanfaat
     
    #1

Share This Page