Resep Praktis MPASI untuk Bayi Usia 6 Bulan

Discussion in 'GAYA HIDUP' started by KinG, Nov 26, 2018.

  1. KinG

    KinG Pendatang
    Thread Starter

    Joined:
    Nov 12, 2018
    Threads:
    6
    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    Disliked:
    0
    Trophy Points:
    2
    Ibu, apakah Ibu tahu usia yang tepat untuk memberikan makanan pendamping ASI atau MPASI? Dalam memberikan MPASI jelas sekali Ibu tidak boleh main-main atau dengan sengaja memberikan makanan dalam bentuk apapun pada bayi yang belum berusia 6 bulan. Karena bila hal tersebut Ibu lakukan akan banyak memberikan dampak yang tidak baik untuk anak, salah satunya adalah gangguan pencernaan bahkan keracunan makanan. Jadi usia 6 bulan adalah usia yang tepat untuk memberikan makanan pendamping untuk anak. Bahkan Ibu tidak perlu repot-repot lagi saat mencari resep makanan bayi 6 bulan. Karena ada banyak sekali referensi atau sumber untuk mencari resep yang tepat.

    Memberikan MPASI untuk bayi usia 6 bulan adalah waktu yang sangat tepat, karena kebutuhan gizi si kecil semakin meningkat dan tidak cukup dengan hanya mengandalkan ASI saja. Namun tidak selamanya memberikan MPASI akan berjalan mulus, terutama untuk ibu yang baru mempunyai anak. Hal tersebut dapat menjadi satu beban berat untuk sang ibu.

    Mulailah dengan menyiapkan daftar menu makanan bayi 6 bulan yang dapat ibu rancang sesuai dengan kebutuhan gizi dan nutrisi si kecil. Dalam membuat resep makanan bayi 6 bulan, menu buatan sendiri pastinya akan terasa lebih berat dibandingkan dengan beli MPASI yang sudah jadi atau dalam bentuk instan. Tapi dibalik repotnya kegiatan yang Ibu lakukan, pasti memberikan kesan tersendiri dan momen yang tidak dapat dilupakan, bukan?

    Dalam membuat resep makanan pendamping asi bayi 6 bulan yang pertama harus diperhatikan adalah bentuk makanan dan tekstur makanan, dan bubur susu salah satu menu yang dapat Ibu kenalkan pada anak. Kenapa harus bubur susu? Karena bubur susu memiliki tekstur yang sangat lembut dan pastinya cocok untuk bayi usia 6 bulan. Tapi tetap ada hal yang harus diperhatikan dalam membuat bubur susu agar kandungan gizi yang terkandung di dalamnya tidak rusak dan hilang. Dan hal-hal tersebut di antaranya adalah gizi yang seimbang, jangan panaskan ASI, jangan menggunakan gula aren, sebaiknya menambahkan satu macam sayur untuk tambahan bubur susu. Berikut ini cara praktis dan mudah membuat bubur susu yang dapat Ibu terapkan :

    1. Siapkan tepung beras atau tepung kacang hijau atau tepung sagu atau tepung maizena atau tepung hunkwe. Jangan pernah menggunakan tepung terigu dalam membuat bubur susu.

    2. Larutkan tepung tersebut dengan air matang, sambil diaduk sampai rata.

    3. Panaskan api kecil untuk memasak tepung tersebut. Sambil menunggu matang dan mengental, aduk rata tepung dengan sendok.

    4. Bila tampak sudah meletup-letup, angkat bubur kemudian dinginkan.

    5. Saat bubur sudah berkurang panasnya, tuang ke dalam mangkuk bayi, tambahkan ASI agar bayi mudah menyukainya.

    Tidak hanya bubur susu saja, Ibu juga dapat membuat MPASI untuk bayi usia 6 dengan menggunakan bahan mpasi buah-buahan. Berikut ini beberapa resep makanan bayi 6 bulan dengan buah-buahan, di antaranya adalah :

    1. Bubur Pure Alpukat :
    • Siapkan alpukat sekitar 50gr atau secukupnya sesuaikan dengan kebutuhan.

    • Cuci bersih dan ambil dagingnya.

    • Sebelum Ibu mengambil daging alpukat, ada baiknya bila Ibu memerah ASI sebagai bahan tambahan sebelumnya.

    • Lalu masukkan potongan daging alpukat dan ASI ke dalam blender bersih. Selanjutnya blender sampai tekstur halus dan lembut.

    • Bila sudah selesai, sajikan bubur alpukat di mangkok dan gelas khusus tempat makanan bayi.
    1. Bubur Pure Beras Merah :
    • Siapkan beras merah secukupnya.

    • Cuci bersih beras dan masukkan ke dalam panci bersih.

    • Masak beras sampai berbentuk bubur, lalu disaring agar airnya terbuang.

    • Campurkan bubur beras tersebut dengan ASI.
    1. Bubur Pure Pisang :
    • Siapkan pisang matang secukupnya atau sekitar 15 gram (gunakan pisang ambon).

    • Kupas dan potong-potong pisang kecil-kecil.

    • Blender pisang hingga lembut agar teksturnya lebih halus, dapat juga ditambahkan potongan buah pir sebagai pelengkap.

    • Setelah tekstur bubur sudah lembut, tuang ke dalam mangkuk.

    • Tambahkan ASI atau jus jeruk manis agar lebih nikmat. Aduk rata dan siap untuk diberikan pada bayi.

    Bagaimana Bu, cukup mudah bukan? Tidak hanya buah di atas saja yang dapat dijadikan bubur pure buah, tetapi masih banyak lagi seperti; bubur pure kentang, bubur pure ubi jalar ungu, bubur pure wortel. Atau bila bayi sudah mulai beradaptasi dengan MPASI, Ibu dapat mulai memberikan campuran lainnya seperti daging, ikan, ayam, brokoli, dll. Semoga resep makanan bayi 6 bulan ini bermanfaat ya, Bu!
     
    #1

Share This Page